Kamis, 20 April 2017

Alian Butterfly Park


Setelah saya tulis tentang pemandian air panas Krakal sekarang saya ingin menuliskan tentang taman kupu-kupu. Jika kita mendengar taman  kupu-kupu pasti sudah terpikir Bali ya, karena taman kupu-kupu di Bali sudah sangat terkenal. Tapi taman yang satu ini adanya di Kebumen, yap Kebumen yang katanya sih cuma kota kecil di wilayah Jawa Tengah, tapi jangan salah wisatanya tidak kalah menarik dengan dengan kota-kota besar lainnya. Terlebih lagi biayanya yang relatif lebih murah. Jadi membahas yang lain. Kembali ke taman kupu-kupu. Butterfly Park ini berdiri di atas lahan seluas 3000 m2. Letaknya di desa Krakal, kecamatan Alian. Taman kupu-kupu ini berada persis di depan Pemandian air panas Krakal, hanya perlu menyeberang saja. Jadi jika kita datang kesini kita bisa langsung berrekreasi di dua tempat sekaligus, lumayan hemat ongkos transportasi dan hemat waktu ya.
Penggagas taman kupu-kupu ini adalah seorang dokter gigi yang memang orang asli Kebumen yaitu Bambang Gunawan SpOG. Kayanya jauh sekal dari bidangnya ya. Kenapa bukan ahli konservasi alam atau minimal ahli botani. Ya sudah tidak usah di bahas ya.
Anda cukup membayar tiket masuk seharga 20 ribu untuk dewasa, pelajar 15 ribu dan anak-anak 10 ribu untuk menikmati wisata taman kupu-kupu ini. Saat itu saya kesana bukan waktunya liburan jadi harga tiket hanya 10 ribu rupiah perorang. Salah satu kebaikan orang-orang kebumen, harganya bisa lebih murah ya saat sepi. Coba jika ke tempat lain mana ada diskonnya. Dari tempat pembelian tiket kita ke arah belakang dan langsung masuk ke taman dimana ada ratusan kupu-kupu cantik menyambut kedatangan kita. Warna-warni sayapnya begitu menyegarkan mata. Taman ini adalah wahana kupu-kupu hidup.

Masuk lebih kedalam lagi kita bisa melihat museum pengawetan kupu-kupu. Disini kita bisa melihat bermacam-macam kupu-kupu yang entah apa namanya. Soalnya ratusan jenisnya. Koleksi kupu-kupu ini berasal dari seluruh kepulauan Indonesia.  Ga usah dihapalkan ya, karena jumlahnya banyak sekali, bukan hanya kupu-kupu tapi ada serangga juga.

Setelah puas melihat sicantik kupu-kupu, kita teruskan ke ruang sebelahnya yaitu tempat display produk dari Alian. Ada contoh batuan yaitu batu akik yang sangat besar, yang usaianya sudah lebih tua dari ngetrennya batu akik tahun 2015an lalu. ternyata orang kebumen sudah mengenal batu akik dari zaman dulu ya. Ya memang karena Kebumen di kenal dengan macam-  macam batuan dengan adanya kantor LIPI  untuk meneliti batuan di kebumen yaitu di daerah Karang Sambung. Entah sekarang masih beroperasi atau tidak.

Disini juga dijual kaos-kaos bergambar kupu-kupu, bros kupu-kupu, kalung, gelang , cincin, tas kecil dan scarf. Harganya sekitar 25 sampai 40 ribu, serta tidak lupa cincin dari batu akik.  Di ruangan ini terdapat area toilet yang bersih dan juga mushola.

Fasilitas lain yang ada di AB-park ini adalah ruang audio visual pemutaran film dokumenter, kandang penangkaran dan taman diluar  areal taman kupu-kupu dimana kita bisa melihat indahnya pemandangan alam di daerah ini.

Taman ini dibangun di atas tanah warga bekerjasama dengan pemerintah Kebumen. Dengan begini masyarakat juga terkena dampak ekonominya. Selain kerjasama ini masyarakat juga banyak yang membuka warung di sekitarnya sehingga membantu perekonomian mereka. Ini adalah salah satu tujuan dari dibukanya AB park ini dibidang ekonomi, ada lagi tujuannya yaitu dibidang edukasi. Pemerintah ingin memperkenalkan tentang kupu-kupu, metamorphosis hidup kupu—kupu, lama hidupnya, manfaat dari kupu-kupu dan juga alam dimana kupu-kupu tinggal. Diharapkan anak-anak dan pelajar akan selalu menjaga alam untuk kelangsungan hidup manusia dan makhluk lainnya termasuk kupu-kupu.
Di kebumen memang banyak terdapat banyak kupu-kupu, waktu saya kecil saat musim kupu-kupu sepanjang jalan menuju sekolah kami bisa melihat kupu-kupu beterbangan bebas di atas sawah, ladang dan kebun. Bahkan kami sering mengumpulkan kepompongnya dan menyimpannya di dalam toples beberapa hari kemudian menjadi kupu-kupu dan kami lepaskan kembali ke alam. Senang melihat puluhan kupu-kupu terbang ke langit.

Penasaran kan, yuk kita kesana. Saya pun ingin kesana lagi karena saat itu saya membawa banyak anak, jadi tidak konsen dengan menjelajah dan bertanya lebih banyak tentang kupu-kupu. Selain di daerah Krakal jangan lupa berkunjung ke daerah lain seperti Petanahan dengan pantai Petanahannya, pantai Bocor, pantai Menganti,Jembangan, Bukit Pentulu Indah, waduk wadaslintang, waduk Sempor, Pantai Karang Bolong, Bulu Pitu dan masih banyak lagi wisata alam di Kebumen. Please visit them.

Love Kebumen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...