Senin, 14 September 2015

Festival Srabi Kebumen

Anda pasti tahu makanan yang satu ini ya? Makanan berbahan dasar tepung beras ini biasanya bentuknya bulat berwarna putih. Tapi sekarang banyak sekali berbagai macam bentuk dan variasi rasa dari serabi. Serabi atau surabi atau srabi adalah jajanan pasar. Saya tidak tahu persisnya dari daerah mana, tapi hampir di daerah jawa pasti ada srabi. Dengan kuah dan rasa yang berbeda-beda, di daerah saya kebumen serabi  masih yang original yaitu yang rasanya hanya asin atau kadang malah tak ada rasanya, yang membuatnya teras lebih enak adalah saosnya atau kuahnya yaitu kuah gula.

gambar diambil disini

Untuk membuatnya pun diperlukan alat khusus yaitu tungku ukuran kecil dan wajan dari tanah liat seperti cobek dengan ukuran yang kecil. Jajanan ini biasanya dijajakan pada pagi hari, kadang dimakan sebagai pengganti sarapan pagi. Serabi ini enak dimakan saat masih hangat, karena masih lembut. Jika dingin serabi ini akan mengeras atau alot saat akan dimakan.

Namun sekarang banyak sekali variasi serabi, baik dari bentuk maupun rasanya. Ada srabi solo yang warnanya hijau. Rasanya pun bervariasi ada coklat, keju, durian dan rasa lainnya. Ada lagi serabi bulat dengan ukuran yang sangat kecil dengan toping di atasnya seperti, pisang, coklat, keju, nangka. Kedua serabi ini dimakan tanpa menggunakan kuah lagi karena rasanya sudah manis. Jadi lebih praktis ya. Selain enak jajanan ini juga mengenyangkan.

                                             gambar diambil disini
ehmm enak sekali ya untuk menemani pagi dan sore ditemani secangkir teh. Nah bagi yang ingin lebih tahu dan mencicipi makanan khas Indonesia ini di bulan September ini ada Festival Srabi yang di adakan di alun-alun Kebumen, Jawa Tengah. acara ini diadakan untuk melestarikan makanan khas INdonesia. Berbagai macam srabi akan dibuat dan dilombakan. Selain itu banyak juga lomba-lomba lainnya seperti fotografi, pentas musik, sulap,senam dan acara menarik lainnya. seru kan. Untuk lebih jelasnya silahkan baca pengumumannya dibawah ini. nah pas dibulan september ini PT.KAI sedang memberikan haraga tiket kereta yang super murah yaitu 70.000 untuk kereta dan rute tertentu. 
Dalam rangka menyambut #70thnKAI tanggal 28 September 2015, kamu bisa dapetin 70.000 kursi promo (dengan harga Rp 70.000 ke semua tujuan!)

Pemesanan mulai tanggal 7-28 September 2015, berlaku di Kereta Api Komersial se-Jawa dan Sumatra.

Untuk pemesanan promo #KAIserba70 dapat dilayani via website http://tiket.kereta-api.co.id/ , aplikasi#KAIAccess, Contact Center 121/021-121 (24 jam) dan seluruh mitra/channel resmi.

Program tarif promo #KAIserba70, berlaku hanya untuk tiket reguler. Tidak berlaku untuk pembelian reduksi atau diskon lainnya. Program #KAIserba70, hanya berlaku di KA-KA Komersial, spt: Argo Bromo Anggrek, Tegal Bahari, Malabar, Bogowonto, Sribilah, Maharani, Argo Parahyangan, Jaka Tingkir, Krakatau, Senja Utama, Sriwijaya, dll
.


  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...