A ~ Dwi murniati

Just another free Blogger theme

Kamis, 13 Mei 2021

Matematika: Mengenalkan Angka
 
    Pada awalnya anak-anak belum tahu jika matematika adalah salah satu pelajaran yang susah dan rumit. Kita bisa membuat anak menyukai belajar matematika yaitu kenalkan dengan cara yang menyenangkan melalui cerita, bernyanyi, permainan atau dengan dongeng. Nah, saya akan  memberikan salah satu cara mengenalkan angka kepada anak-anak. alatnya sangat mudah  untuk di dapatkan yaitu karpet angka (yang mereknya eva mat). Jika tidak punya bisa di ganti dengan kertas hvs lalu tulis angkanya. 
 
Alat :
1.      Karpet  angka 1-10 (Bisa dibeli di toko mainan)


Cara bermain :
1.  Letakkan karpet angka di lantai secara acak.

2. Guru atau orang tua menyebutkan salah satu angka.

3. Anak melangkah dan menginjak angka yang di maksudkan.


    Gampang sekali kan caranya. selain belajar di area kognitif anak juga belajar di area motorik kasar yaitu melompat. Melompat besar sekali manfaatnya untuk perkembangan otot anak. Melompat membantu tulang mengeras. 
     Selain mengenalkan angka permainan ini juga bisa di aplikasikan  untuk  pengurangan, perkalian, pembagian ringan/awal. misalnya penambahan.
1.      Guru atau orang tua menyebutkan sebuah penjumlahan. Misalnya 2 + 1
2.      Anak melompat dan menginjak angka hasil dari penjumlahan tersebut, yaitu 3.
3.  Jika anak lebih dari satu jadikan sebagai sebuah permainan siapa cepat. Yang paling cepat menjawab dan benar beri nilai. Setelah sekitar 10 atau 20 pertanyaan. Hitung nilanya. Yang paling banyak hasilnya adalah pemenangnya. tapi untuk usia anak 3 tahunan tidak perlu ada menang kalah karena biasanya di usia ini anak masih sulit untuk menerima kekalahan.

 
Demikian tips dari saya semoga bermanfaat. 
Categories: ,


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 comments:

Posting Komentar