Selasa, 25 Oktober 2016

Media Belajar Dengan Tempat Sepatu

Halo bunda-bunda cantik apa kabarnya? Semoga selalu sehat dan bahagia ya. Anak-anak itu memang makhluk yang cepat bosan ya. Mereka selalu menginginkan mainan yang baru jika bisa setiap hari. Makanya saya selalu berusaha membuat sesuatu yang baru meski dari bahan-bahan yang sederhana, mudah di dapat dan harganya super murah, jika bisa malah yang gratisan ya. Dasar emak-emak. Saya melihat beberapa keluarga yang menghomeschoolingkan anaknya mempunyai peralatan yang bagus-bagus dan harganya cukup mahal untuk dibeli. Kepengen pasti dong. Tapi prinsip saya belajar ga harus mahal.  Jadi akhirnya saya mencoba membuat alat-alat belajar dengan bahan-bahan yang gampang didapatkan. Kadang saya meniru, tapi banyak juga yang saya kreasikan sendiri. Seperti alat untuk belajar yang akan saya share disini.
Bunda punya tempat sepatu yang di gantung ga ya di rumah, karena kali ini saya akan berbagi tips belajar dengan media tempat sepatu. Kalau tidak bunda boleh beli murah harganya bun, sekitar 50 ribuan sekarang. Dulu saat saya beli sih masih kisaran 25 ribu. Bagaimana caranya? Yuk kita intip.
Alat dan bahan :
1.      Tempat sepatu
2.      Kertas bufalo
3.      Gunting, plester dan spidol.
4.    Berbagai gambar (bisa gambar binatang, buah, kendaraan, olahraga, angka dan lain-lain)
Cara membuat :
versi 1 :
1.      Gunting kertas bufalo dengan ukuran 10x5 cm. Atau sesuaikan dengan tulisan.
2.      Tulis pada setiap kertas kategori yang akan dipelajari. Bisa dengan bahasa indonesia atau bahasa inggris sesuai kemampuan anak.
3.     Lalu tempel di setiap kantung sepatu dan beri plester agar tidak cepat rusak dan lepas.
hasilnya seperti ini.
Cara bermain :
1.      Minta anak untuk memasukkan gambar-gambar ke dalam kantung sesuai dengan ketegorinya.

     Kebetulan mirza memang sudah bisa membaca saat usianya menginjak 3 tahun, jadi saya membuat ini untuk melatihnya mengkategorikan benda-benda yang dia lihat. Manfaatnya supaya Mirza tahu dimana kategori benda-benda itu berada. Seperti jeruk yang masuk kategori buah-buahan dan binatang yang masuk kategori hewan. Untuk anak-anak yang belum bisa membaca, gunakan gambar bukan tulisan. Misalnya tempelkan gambar hewan atau buah di kantung sepatu. Berikan instruksi pada anak agar memasukkan gambar binatang atau buah pada kantung yang ditempeli gambar binatang atau buah tadi.
versi 2 :
1. siapkan flashcard angka.


      2. Tempelkan pada tiap kantung sepatu.

Cara bermain :
1. Siapkan sedotan atau flashcard penambahan, pengurangan atau perkalian.    sesuaikan dengan  kemampuan matematika anak.
2. Minta anak memasukkan sedotan sesuai jumlahnya dengan angka yang tertera     pada tiap kantung sepatu,untuk penambahan sesuaikan hasilnya dengan angkanya.
memasukkan sedotan 
penjumlahan dan pengurangan
Gampang kan. Bunda bisa mencoba ide-ide lain dengan tempat sepatu ini sesuai dengan kreativitas bunda. Dan mungkin bisa di share supaya bunda-bunda yang lain bisa mencobanya di rumah. Yuk ajari sendiri anak kita untuk membaca dan matematika sederhana. Tidak perlu les. Jadi uangnya bisa ditabung untuk nanti sekolahnya. Mungkin bunda punya kreasi lain.Yuk kita coba. Have fun.

7 komentar:

  1. Sempat punya gantungan sepatu seperti itu, tp sekarang udh gak ada.
    Btw idenya bagus mba. Buat referensi kalau udah punya anak. Hihhi

    BalasHapus
  2. wahhh mau ah praktekin buat si bungsu. Makasih idenya ya mbaa...

    BalasHapus
  3. manfaatin yang sudah ada ya mbak.. boleh nih di coba daripada bikin2 hehehe

    BalasHapus
  4. Wuih, ekonomis dan kreatif bngt mak muda yg satu ini. Boleh ditiro Emak2 muda yg lain nih.

    BalasHapus
  5. waah kreatif banget, inspiratif dan menarik

    BalasHapus
  6. Kantong sepatu multi fungsi, bisa aku coba nih di rumah

    BalasHapus
  7. Ntar coba ah praktekin ke adek... tapi akunya gak punya gantungan sepatu. Gantinya apa ya mba?

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...