A Science For Kids ~ Dwi murniati

Just another free Blogger theme

Senin, 15 Mei 2017

Semenjak sudah bisa membaca saya pun mulai memikirkan apalagi yang harus saya ajarkan pada mirza. Sepertinya dia pun mulai mencari-cari sesuatu yang baru selain bahasa inggris dan matematika. Saya pun mulai memikirkan untuk mengajarkan IPA dan IPS. Kali ini saya hanya mengajarka IPA yang sangat sederhana saja. Mirza sudah mengenal berbagai macam binatang. Saya pun sudah mengenalakn dengan jumlah kaki dan juga makanannya.  Pengenalannya pun  jangan kira seperti umumnya di kelas ya. Anaknya duduk dan gurunya menjelaskan. Sama seali tidak. Saya mengajarkannya seperti sebuah tebak-tebakkan saat hendak tidur.  Seperti ini contohnya:
            Saya : mirza, how many feet does a cat have?”
Mirza : (masih sambil main mobil-mobilan) two.
Saya : no. Cat has four feet.
Mirza : oh four.
Lalu saya ulangi lagi pertanyaannya :
Saya : how many feet does a cat have?
Mirza : four
Saya : yeah. That’s right. You’re smart.
lalu saya memintanya untuk memberikan pertanyaan kepada saya. Kadang-kadang saya memberikan jawaban yang salah untuk mengecek apakah dia mengerti dengan apa yang di tanyakannya. Misalnya :
mirza : how many feet does a roaster have?
Saya : four
Mirza : no, mama.
Saya : oh, I am sorry. So, how many feet does a roaster have?
Mirza : two feet.
Saya : oh, two feet.
Pokoknya dibuat tanpa ada embel-embel belajar. Karena anak-anak kan pikirannya baru bermain saja.  Percakapannya memang kami memakai bahasa inggris karena mirza sudah mampu, bagi yang belum mampu diajarkan pelan-pelan ya bunda atau memakai bahasa indonesia dulu.
            Setelah itu baru saya memberikan tugas padanya.
Alat dan bahan :
1.      Toples bekas sosis atau apa saja
2.      Label dan marker
3.   Berbagai macam binatang (saya membuat alat ini saat usia mirza 2 tahun dan hingga sekarang masih ada dan bisa untuk kegiatan lain)
Cara bermain :
1.      Tulis pada label “ binatang berkaki 2” dan satu lagi “binatang berkaki 4).

2.      Lalu tempelkan pada toples
     Saya meminta mirza untuk memasukkan tiap binatang pada toples yang sesuai dengan jumlah kakinya. Di pun senang sekali.
   Bagaimana bunda gampang dan murah ya, karena pandai ga harus mahal ya bunda dan tentunya menyenangkan buat si kecil.  Ayo bunda coba. Have fun.


Categories: ,


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 comments:

Posting Komentar