Minggu, 20 Agustus 2017

Kebumen Tourism Spot : Jembangan


Namanya memang sedikit aneh, jembangan yang artinya wadah air. Dahulu kala orang-orang desa menyimpan air bersih untuk dimasak menjadi air minum di dalam jembangan. Entah dengan alasan apa pemerintah menamakannya jembangan. Mungkin mengikuti letak telaga yang berada di desa Jembangan. Terlepas dari namanya jembangan menawarkan wisata yang sangat alami. Desa ini memang lumayan jauh dari pusat kota, perjalanan memakan waktu sekitar 1 jam lebih. Berada di dataran tinggi dengan jarak kurang lebih 20 km dari pusat kota. Tapi di sepanjang perjalanan anda akan di suguhi dengan pemandangan alam yang sangat luar biasa, sawah yang luas, hutan yang masih alami, sungai yang jernih, hutan jati dan langit biru. Tapi akan sangat menyenangkan jika kita pergi menggunakan motor atau mobil terbuka. Kita akan merasakan sensasi yang luar biasa dengan hembusan angin pedesaan yang begitu segar sehingga menimbulakan rasa tersendiri di dalam batin.

Jembangan adalah sebuah telaga yang airnya berwarna hijau di kelilingi hutan hijau yang sangat asri. Daerah ini sangat cocok untuk anda yang senang dengan wisata alam yang berhubungan dengan pegunungan atau perbukitan. Memang kita tidak diperbolehkan berenang di telaga ini karena alasan keamanan. Tapi keeksotisannya bisa kita nikmati tanpa rasa bosan. Saya membayangkan bagaimana bahagianya orang-orang yang tinggal di sekitar daerah ini. Menikmati udara segar setiap hari bebas dari polusi kendaraan. Saat saya ke jembangan memang bukan masanya liburan sehingga tidak terlalu ramai, tapi justru saya sangat menikmatinya. Mungkin saat liburan tempat ini akan di penuhi anak-anak dan orang tua yang liburan.
Untuk menikmati telaga hijau ini anda tidak perlu menghabisakan uang terlalu banyak, satu orang 30 ribu sudah cukup. Tiket masuk  4 ribu untuk orang dewasa dan 2000 untuk anak-anak.  Hanya untuk memasuki fasilitas atau wahana yang lain anda harus membayar tiket lagi.
Wahana apa saja yang bisa anda nikmati di jembangan :
1.      Tempat bersantai
Jika anda ingin bersantai disini anda harus membayar lagi 5000 dan anak-anak gratis. Disediakan pondok-pondok kecil tempat anda bisa bersantai menikmati hijaunya telaga dan pemandangan yang sangat luar biasa sambil makan di pinggir danau. Anda bisa membawa makanan dari rumah atau memesan makanan dari warung yang berada di seberang taman ini. Harga makanannya pun relatif murah paling mahal hanya sekitar 20000. Warung-warung ini menjual makanan yang bervariasi ada bakso, mi ayam, ikan bakar seperti lele, nila, gurame dan mujair. Ada juga yang menjual makanan tradisional seperti rengginang dan opak. Fasilitas yang tersedia adalah saung atau pondokan dimana kita bisa duduk santai dan playground berupa perahu dimana anak-anak bisa bermain. jangan lupa tetap awasi anak-anak ya jika membawa anak-anak.
                             

            
2.      Restauran di atas air
Kita bisa memasuki restauran ini dari 2 arah, dari  jalan raya kita akan turun ke bawah dengan tangga atau dari arah di depan kebun binatang dengan semacam perahu  yang hanya kotak saja bentuknya lalu di tarik dengan tali. Hanya saat itu saya kehabisan baterai hp jadi tidak sempat memotretnya. tapi saya ambilkan gambar dari web.
gambar diambil disini.

3.      Wahana Perahu air
Ada dua macam perahu yaitu perahu naga dengan kapasitas 10 orang yang masing-masing di kenai biaya 15 ribu. Anda akan di ajak keliling telaga melihat rimbunnya hutan yang berada di sekeliling telaga dan jembatan waduk pejengkolan. Satu lagi perahu bebek yang di jalankan sendiri oleh pengunjung. Denga harga tiket 15 ribu untuk 2 orang.
gambar disini

4.      Kolam pemancingan
Bagi anda yang suka memancing jangan lupa bawa alat pancing anda karena memancing disini akan sangat menyenangkan dan anda tidak perlu bayar cukup membayar saat masuk saja.

5.      Kebun binatang Jembangan
Anda pasti tidak percaya di daerah yang mungkin sangat jauh dari hingar bingar perkotaan ada kebun binatang, pasti anda berpikir isinya hanya binatang kebanyakan. Anda salah banyak binatang-bintang langka yang di pelihara disini sekalian juga di ternakan seperti bekantan, ular sanca, elang bondol, kera, kura-kura langka, buaya, merak, rusa dan masih banyak lagi.



            Anda tidak akan merasa kecewa datang kesini, karena jalan menuju ke arah Jembangan pun sudah bagus sudah di aspal, hanya ada yang sedikit rusak itu pun karena tergerus air. tapi pemandangan sawah yang luas akan memanjakan mata anda sepanjang perjalanan. Tertarik untuk datang kesini. Siapkan saja stamina tubuh anda. Saya sarankan juga untuk mengunjungi obyek wisata lain di sekitar jembangan seperti waduk wadaslintang, waduk sempor.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...