Sabtu, 21 Juni 2014

Belajar Bahasa Asing Sejak Dini



BELAJAR BAHASA ASING SEJAK DINI.

Siapa sih yang tidak bangga jika anaknya sudah mampu berbicara bahasa asing (inggris) di usianya yang baru 4 atau 6 tahunan.apalagi zaman sekarang ya bun, justru banyak ibu-ibu yang berlomba-lomba memasukkan anaknya les bahasa inggris supaya kelihatan hebat. Hayo siapa ya, kayanya saya termasuk loh. Tapi tentu saja kita harus tahu betul bagaimana kondisi anak kita. Apakah dia siap untuk belajar bahasa asing atau belum. Jangan hanya ambisi orang tua saja.

Perkembangan anak usia 0 - 5 tahun merupakan masa perkembangan emas. Perkembangan tersebut baik secara fisik maupun psikis sangat cepat. Pada usia 0 tahun, otak anak berkembang dari 100 milyar sel yang belum tersambung dan akan berkembang menjadi 1 trilyun sel dan membangun antar konseksi sel pada sampai usia 6 tahun sehingga pemberian rangsang/stimulus yang bervariasi dan beragam sangat penting.

Anak bukanlah kertas kosong yang akan diisi oleh orang tuanya sesuai keinginan orang tuanya, dia adalah harta karun yang terpendam. Dan tugas orang tulah yang harus menggali sebenarnya harta karun apa yang ada pada diri anak, apakah harta karun itu berupa bakat musik, bakat bahasa, bakat olah tubuh, bakat ilmuwan dan lain-lain. Apabila  orang tua tahu sejak dini maka akan mudah dikembangkan bakat anaknya tersebut.

saya ambil contoh yang paling dekat yaitu anak saya, saat usianya 3 tahun dia sudah menguasi beberapa kosakata bahasa inggris dan tahu artinya padahal saya mengajarinya secara tidak sengaja.memang sebelumnya saat usianya 1 tahun saya sudah memperkenalkan bahasa inggris lewat lagu. Lama-lama dia menjadi hapal dan tahu pengucapannya. Dari situlah saya mulai mengajarkan sendiri bahasa inggris setiap hari 2 atau 4 kata.



Beberapa pakar bahasa mendukung pandangan "semakin dini anak belajar bahasa asing, semakin mudah anak menguasai bahasa itu". Misalnya, McLaughlin dan Genesee menyatakan bahwa anak-anak lebih cepat memperoleh bahasa tanpa banyak kesukaran dibandingkan dgn orang dewasa. Maka bahasa asing bisa diajarkan sejak usia dini. Tapi tidak perlu untuk les ya bun cukup orang tuanya saja yang mengajarkan sedikit demi sedikit. Tanpa paksaan dan lakukan dengan asyik dan menyenangkan. Dengan begitu anak akan merasa bahwa belajar bahasa itu mudah dan mau belajar mandiri tanpa di suruh orang tua untuk belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...