Selasa, 15 September 2015

Taman Kota Kebumen

Kebumen semakin lama semakin berubah menjadi kota yang lebih baik lagi. Banyak bangunan dan tempat-tempat baru yang mulai muncul. Seperti mall, tempat rekreasi dan taman. Salah satu yang baru adalah taman kota. Dari saya kecil belum ada taman kota, karena memang kebumen adalah perkampungan yang masih banyak lahan hijaunya jadi sepertinya tidak perlu taman. Semakin berkurangnya lahan yang digantikan oleh perumahan dan gedung jadi taman kota sepertinya memang diperlukan dan baru sekarang kebumen mempunyai taman kota. Taman kota ini bernama taman H.M Sarbini atau juga dinamakan taman lalu lintas. Taman ini diresmikan pada tanggal 25 mei 2012 oleh bupati yang saat itu dijabat oleh Buyar Winarso. Letaknya di jalan Ahmad Yani di depan polsek kebumen. Sebelum menjadi taman tempat ini adalah sebuah terminal. Entah karena alasan apa pemerintah kebumen memindahkan terminalnya dan merubahnya menjadi taman kota.

Kenapa taman ini dinamakan taman H. M. Sarbini?

            Kenapa taman ini dinamakan taman H. M Sarbini? Siapakah Jenderal H.M. Sarbini itu? Nah kalau ini saya kurang paham. Pelajaran sejarah sudah lama lewat jadi lupa. Ngeles saja yah. Ada baiknya kita tanya sama mbah gugel yuk biar kita tahu apa saja jasa beliau bagi bangsa Indonesia.
              M. Sarbini (lahir di Kebumen29 Mei 1914 – meninggal di Jakarta21 Agustus 1977  pada umur 63 tahun) adalah seorang jenderal purnawirawan yang dilahirkan di Kota KaranganyarKebumen, Jawa Tengah dan banyak mengabdi selama masa perjuangan baik di bidang militer maupunpemerintahan Republik Indonesia. Dalam masa perjuangan, terutama pada tanggal 20 Oktober 1945, dia, yang pada waktu itu berpangkat Letkol, memimpin pasukan Tentara Keamanan Rakyat Resimen Kedu Tengah dan menyerang, serta mengepung tentara Sekutu dan NICA di desa Jambu, Ambarawa yang kemudian dikenal sebagai peristiwa palagan Ambarawa.
Selama masa pemerintahan bung KarnoMayor Jenderal M. Sarbini menjabat sebagai menteri pertahanan dalam kabinet Dwikora II pada tahun 1966 yang kemudian digantikan oleh Letnan Jendral Soeharto.
Pada masa hidupnya, jenderal H. M. Sarbini banyak dikenal sebagai bapakVeteran Indonesia dan diabadikan namanya sebagai nama gedung veteran atau balai Sarbini yang berada di kawasan Semanggi, Jakarta Pusat. Untuk mengenang jasa-jasanya, di Kebumen, tempat kelahirannya juga didirikan sekolah SMK JENDERAL M. SARBINI.
Sumber: wikipedia.
            Nah sudah tahu kan? Bangga ya kita punya pahlawan seperti Jenderal H.M. Sarbini. Kok saya baru tahu yah. Kayanya pas pelajaran sejarah ga masuk nih. Jadi malu. sepertinya  Orang tua juga harus tahu tentang Jenderal H.M. Sarbini. Agar bisa menjelaskan kepada anak-anak siapa itu Jenderal H.M. Sarbini sehingga anak-anak meneledani sikap kepahlawanan Jenderal H.M. Sarbini  dan semangat untuk belajar supaya bisa seperti Jenderal H.M. Sarbini, tentunya dalam bidang-bidang yang ditekuni masing-masing anak. Bangga banget ya kebumen punya pahlawan besar seperti Jenderal H.M. Sarbini.
            Uniknya dibawah patung Jenderal H.M. Sarbini ada tulisan besar yang sangat menohok. Bunyinya seperti ini “ BANGSA YANG BESAR ADALAH BANGSA YANG MENGHARGAI PAHLAWANNYA”. Sudahkah saya menghargai pahlawan-pahlawan indonesia? Jadi sadar ya.
            Aduh kenapa jadi nulis kemana-mana ya, balik lagi yuk ke taman.

Kenapa taman ini dinamakan taman lalu lintas?
            Kalau yang ini mungkin sudah bisa ditebak kenapa dinamakan taman lalu lintas. Taman ini ditujukan sebagai tempat untuk belajar tentang rambu-rambu lalu lintas dan apa yang harus dilakukan jika melihat rambu-rambu lalu lintas ini. Cocok sekali untuk mengajarkan anak-anak tentang tertib berlalu lintas di jalan raya. Anak-anak diajak belajar mengenal rambu-rambu lalu lintas tanpa harus duduk di dalam kelas. Mereka bisa belajar di taman ini sambil bermain. Tentu sangat menyenangkan ya buat anak dan orang tua. Atau juga buat yang belum paham tentang rambu-rambu lalu lintas. Bisa datang ke tempat ini dan belajar.


Apa saja sih yang terdapat di taman lalu lintas ini?
 Dari pintu masuk dekat parkiran kita bisa langsung melihat patung polisi dan dibelakangnya ada aula kecil yang bisa di pakai untuk belajar kelompok atau berkumpul bersama teman-teman. Lalu ada kolam air mancur yang di dalamnya terdapat ikan kecil dan kita bisa melakukan terapi gigit ikan disini hanya cukup dengan membayar 3000 ribu rupiah. Buat yang punya sakit kepala, ada area refleksi di depan patung Jenderal H.M. Sarbini. Buat yang senang lari tempat ini bisa menjadi alternatif lari meski tidak seluas  di alun-alun, tapi cukuplah buat menyegarkan badan. Nah yang punya anak kecil pastinya ada area bermain khusus anak yang terdiri dari, monkey bar atau buat manjat-manjat, ayunan, perosotan. Tapi sayang saat saya kesana banyak yang sudah rusak seperti ayunan yang kaitnya telah putus dan besinya berbahaya buat anak-anak. Buat pak bupati di ganti alatnya ya pak.




Jika kita ingin makan tidak perlu repot-repot keluar taman, karena di dalam taman terdapat toko makanan yang menjual makanan kecil atau snack dan minuman. Ada juga yang menjual soto tapi saat saya kesana tidak buka. Bagi yang ingin mencoba berjualan di taman ini masih ada beberapa kios yang masih kosong yang sepertinya disewakan.
Fasilitas lainnya seperti toilet dan mushola pun tersedia jadi tidak perlu repot cari masjid jika hendak salat. Lalu ada tempat penjualan tiket yang bernama “Cakrawala” tour and travel. Bagi yang ingin memakai internet disini juga ada hotspot areanya loh.
Dari semua hal yang saya sukai adalah banyakanya bangku-bangku taman yang tersedia sehingga tidak perlu gantian dengan pengunjung lain dan juga banyaknya pepohonan yang rindang membuat suasana adem meski di siang hari dan menghasilkan angin yang semilir. Siap-siap ngantuk deh.
Siapa belum ke taman ini? Boleh dicoba selain ke alun-alun kebumen mungkin taman ini bisa menjadi tempat yang asyik buat bermain, berrekreasi dan belajar. yah belajar misal belajar sejarah H.M Sarbini. belajar matematika, mminta anak menghitung jumlah bangku atau ayunan. belajar Bahasa Inggris dengan mengenalkan benada yang ada di taman dengan Bahasa Inggris seperti pohon=tree, ayunan=swing dan lain-lain. juga belajar mengenal rambu-rambu lalu lintas.  nah di taman kota ini tempatnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...